Mengenal Polyflex

Polyflex atau Heat Transfer Film adalah bahan/media sablon yang terbuat dari bahan vinyl yang memiliki karakteristik mudah penggunaanya dan memiliki daya rekat yang kuat. Polyflex mudah digunakan untuk menyablon kaos karena hanya membutuhkan 3 proses yaitu Cut, Peel dan Press. Berbeda dengan sablon konvensional yang harus menempuh proses panjang mulai dari proses afdruk, cuci, cetak, seting, kesut dan lebih panjang lagi.

Adapun proses sablon menggunakan polyflex yaitu proses Cut adalah proses pembentukan pola yang dilakukan oleh mesin cutting terhadap polyflex sesuai design yang diinginkan. Mesin Cutting akan menggores bahan polyflex menjadi sebuah pola, Proses Peel adalah mengupas/membuang bahan polyfex yang tidak terpakai hingga menyisakan pola sesuai desain. Proses selanjutnya adalah mentransfer bahan polyflex hasil Cut dan Peel ke kaos polos dengan dipress menggunakan mesin press Proses.

Begitu mudah dan cepatnya sablon menggunakan polyflex dengan hasil yang bagus, banyak yang melirik untuk membuat kaos dengan sablon polyflex. Maka dari itu mari kita mengenal jenis dan macam polyflex :

  • Polyflex PVC (Polyvinyl Chloride)
    Merupakan polyflex dengan harga relatif murah namun memiliki karateristik sedikit kaku karena memiliki bahan dasar sejenis plastik. Polyflex jenis PVC disarankan untuk melakukan proses press lebih dari 2 kali karena bahan lem yang ada pada polyflex PVC dapat rusak mengakibatkan hilangnya daya rekat pada kaos.
  • Polyflex PU (Polyutherane)
    Polyflex ini hampir sama dengan polyflex PVC namun karakteristiknya lebih tipis dan lentur dibandingkan jenis PVC. Berbeda dengan PVC yang bahan dasarnya dari plastik, polyflex PU tidak mengandung plastik sehingga bahan PU lebih kuat dibandingkan PVC dan dapat dipress berkali-kali.
  • Polyflex Flock
    Polyflex Flock terbuat dari bahan bludru atau form (magic flex), yang memberikan kesan 3D karena permukaannya yang timbul. Karena memberikan kesan yang elegan, banyak distro-distro menggunakan Polyfex jenis ini untuk desain kaos mereka.
  • Polyflex Reflective
    Polyflex Reflective terbuat dari campuran bahan sejenis fosfor yang dapat memantulkan cahaya bila mengenai permukaan polyflex.
  • Polyflex Glow in The Dark
    Polyflex ini dapat menyala apabila berada di tempat yang gelap.
  • Polyflex Printable
    Polyflex jenis ini memiliki karakteristik permukaan yang seperti kanvas yang berfungsi sebagai media untuk print desain. Untuk menggunakan polyflex jenis ini perlu mesin cutting yang sekaligus dapat melakukan print desain ke area/media polyflex.

Leave a Reply